DESKRIPSI PERAN BIMBINGAN DAN KONSELINGDALAMMENANGANIMASALAH KEDISIPLINAN MELALUI FUNGSI BKPADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULUTAHUNPELAJARAN 2018/2019

Jemi, Defron Sastra and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Arsyadani, Mishbahuddin (2019) DESKRIPSI PERAN BIMBINGAN DAN KONSELINGDALAMMENANGANIMASALAH KEDISIPLINAN MELALUI FUNGSI BKPADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULUTAHUNPELAJARAN 2018/2019. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran bimbingan dan konseling dalam menangani masalah kedisiplinan melalui fungsi BK pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini termasuk dalam deskriptif kuantitatif. Teknik penelitian ini menggunakan angket dengan 60 item pernyataan yang mewakili lima fungsi BK yaitu fungsi pemahaman, fungsi pencegahan, fungsi penyelesaian, fungsi pengentasan, dan fungsi pengembangan. 5 dari 11 kelas yang terdiri dari 119 siswa menjadi sampel dari penelitian ini. Metode analisis data menggunakan rumus persentase melalui rumus skala Likert. Dari hasil penelitian yang dilakukan, untuk fungsi pemahaman diperoleh hasil rata-rata 61,93. Artinya guru BK sudah cukup baik menangani masalah kedisiplinan. Selanjutnya, fungsi pencegahan diperoleh nilai rata�rata 22,16 yang berarti guru BK telah melakukan pencegahan dengan baik. Pada fungsi pengentasan, diperoleh nilai rata-rata 46,02 yang menunjukkan bahwa guru BK sudah cukup melakukan penyelesaian tentang masalah kedisplinan. Lalu fungsi pemeliharaan diperoleh nilai 15,36. Artinya guru BK telah menangani fungsi pengentasan dengan baik. Terakhir, fungsi pengembangan dimana diperoleh nilai 64,07 yang berarti bahwa guru BK melakukan fungsi pengembangan dalam menangani masalah kedisiplinan dengan baik. Kata kunci: peran guru, bimbingan dan konseling, fungsi bk, kedisplinan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:15
Last Modified: 07 Jul 2023 01:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12499

Actions (login required)

View Item View Item