PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VII A DI SMP NEGERI 19 KOTA BENGKULU

Azim, Pauzan and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Arsyadani, Mishbahuddin (2018) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VII A DI SMP NEGERI 19 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara empiris pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran terhadap interaksi sosial siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII A SMP Negeri 19 Kota Bengkulu yaitu sebanyak 21 siswa dengan sampel 10 orang siswa yang memiliki skor interaksi sosial rendah, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria hasil pengolahan angket interaksi sosial dan observasi yang dilakukan. Adapun kriteria tersebut adalah siswa yang masih malu bertaya kepada guru, memilih-milih dalam berteman, terlalu pendiam di dalam kelas, ragu-ragu dalam menyampaikan pendapat, dan masih membentuk sebuah geng kecil. Kemudian dari 10 sampel siswa yang memiliki skor interaksi sosial yang rendah, akan diberikan treatment berupa bimbingan kelompok, setelah diberi bimbingan kelompok siswa diberi angket posttest dengan tujuan apakah ada perubahan atau pengaruh dari layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran terhadap interaksi sosial siswa. Data interaksi sosial diambil dengan menggunakan metode kuesioner. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, pengujian hipotesis menggunakan uji Z diperoleh nilai Z = -2.848 (p<0,05) maka H0 ditolak, Artinya ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran terhadap interaksi sosial siswa. Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Bermain Peran, Interaksi Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 07 Jul 2023 04:05
Last Modified: 07 Jul 2023 04:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12505

Actions (login required)

View Item View Item