STUDI KOMPARATIF PESERTA DAN NON PESERTA PROGRAM KELUARGA HARAPAN PADA RUMAH TANGGA SANGAT MISKIN (RTSM) DI KECAMATAN ILIR TALO KABUPATEN SELUMA

Koeswari, Ferdi and Anwar, Syaiful and Yusnida, Yusnida (2017) STUDI KOMPARATIF PESERTA DAN NON PESERTA PROGRAM KELUARGA HARAPAN PADA RUMAH TANGGA SANGAT MISKIN (RTSM) DI KECAMATAN ILIR TALO KABUPATEN SELUMA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Tesis FERDI KOESWARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Selama enam tahun pelaksanaan PKH di Kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma masih ditemukan berbagai permasalahan dan kendala di lapangan, dibidang kesehatan yaitu masih ada peserta PKH yang belum mematuhi kewajiban sebagai peserta, seperti imunisasi dan periksa kandungan ibu hamil belum lengkap, masih ditemukan ibu melahirkan dengan pertolongan tenaga non nakes. Selain itu, jumlah fasilitas kesehatan ini pun masih belum memadai, sampai tahun 2015 jumlah Puskesmas dan Puskesmas Pembantu (Pustu) masih sangat minim, ditambah lagi keberadaan pustu yang kurang begitu aktif. Permasalahan di bidang pendidikan yakni masih ada peserta PKH yang mendapat teguran karena kurangnya keaktifan/partisipasi anak di sekolah dan minimnya pendidikan anak usia dini. Fasilitas pendidikan dapat dikatakan menyebar hampir di setiap desa walaupun masih ada beberapa desa yang belum memiliki sarana pendidikan. Peserta PKH juga kurang aktif dalam mengikuti pertemuan bulanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan membandingkan perbedaan capaian pendidikan dan capaian kesehatan antara perserta PKH dan non PKH pada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) di Kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan RTSM/KSM penerima bantuan PKH di Kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma berjumlah 434 orang. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampling dengan teknik purposive sampling sebanyak 42 orang yang memenuhi kriteria. Untuk kelompok masyarakat yang non PKH sebagai pembanding (variabel control) dengan jumlah yang sama sebanyak 42 responden dari Non PKH sehingga jumlah keseluruhan sampel adalah sebanyak 84 responden. Analisis data menggunakan uji statistik parametrik model Independen sampel t-test. Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan capaian pendidikan antara peserta PKH dan non PKH di Kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu (p=0,000), dimana rata-rata capaian pendidikan peserta PKH lebih baik dibandingkan non PKH. Terdapat perbedaan yang signifikan capaian kesehatan peserta PKH dan non PKH di Kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma Propinsi Bengkulu (p=0,000), dimana rata-rata capaian kesehatan peserta PKH lebih baik dibandingkan non PKH . Pelaksanaan Program PKH di Kecamatan Ilir Talo masih perlu untuk dilanjutkan karena secara signifikan dapat meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat terutama dari capaian pendidikan dan kesehatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Perencanaan Pembangunan
Depositing User: 022 Isran Elnadi
Date Deposited: 12 Oct 2017 08:04
Last Modified: 22 Nov 2017 03:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12518

Actions (login required)

View Item View Item