LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK INSTRUKSI DIRI UNTUK MENURUNKAN STRES AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI IIS 1 DI SMA NEGERI 5 KOTA BENGKULU

Mardianti, Lira and Dharmayana, I Wayan and Arsyadani, Mishbahuddin (2019) LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK INSTRUKSI DIRI UNTUK MENURUNKAN STRES AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI IIS 1 DI SMA NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik instruksi diri untuk menurunkan stres akademik pada siswa kelas XI IIS 1 di SMA Negeri 5 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 1 SMA Negeri 5 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 siswa. Sampel penelitian sebanyak 6 orang siswa dari kelas XI IIS 1 SMA Negeri 5 Kota Bengkulu. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji Z. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan penurunan stres akademik siswa setelah diberikan treatment berupa konseling kelompok dengan teknik instruksi diri. Hal ini ditunjukkan dengan nilai z= -2,201 dengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0,028 yang berarti 0,028 < 0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik instruksi diri untuk menurunkan stres akademik pada siswa kelas XI IIS 1 di SMA Negeri 5 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Stres Akademik, Konseling Kelompok, Teknik Instruksi Diri

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 07 Jul 2023 04:05
Last Modified: 07 Jul 2023 04:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12520

Actions (login required)

View Item View Item