PERBANDINGAN NILAI Vs30 DENGAN DATA INVERSI HVSR DI DAERAH SUNGAI SERUT KOTA BENGKULU BERDASARKAN PENGUKURAN MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE (MASW)

Kalsum, Kalbiah and Rerizon, Rerizon and Arif, Ismul Hadi (2022) PERBANDINGAN NILAI Vs30 DENGAN DATA INVERSI HVSR DI DAERAH SUNGAI SERUT KOTA BENGKULU BERDASARKAN PENGUKURAN MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE (MASW). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi_kalbiah_kalsum_F1C017009_benar.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kecamatan Sungai Serut merupakan salah satu kecamatan yang ada di Daerah Kota Bengkulu. Jika diamati daerah ini merupakan daerah bekas rawa yang banyak digunakan untuk membangun perumahan dan pertokoan. Jika terjadi gempa bumi maka akan sangat membahayakan bagi masyarakat. Oleh karena itu, usaha yang dapat dilakukan adalah upaya mitigasi dengan menentukan nilai Vs sampai kedalaman 30 m di daerah ini. Penelitian ini menggunakan metode Multichannel Analysis of Surface Wave (MASW) yang diambil pada dua belas titik pengukuran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai Vs30 yang diperoleh dalam bentuk grafik profil Vs perkedalaman di daerah Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu serta menentukan karakteristik dinamis batuan di daerah tersebut. Hasil nilai Vs pada rata – rata kedalaman sampai 30 m pada masing-masing titik pengukuran kemudian diinterpretasikan untuk mendapatkan nilai Vs30. Data diolah menggunakan software WinMASW 5.0 professional. Hasil penelitian menunjukkan nilai Vs30 berkisar antara 114 m/s – 309 m/s. Nilai Vs30 terbesar terletak pada titik E yang bernilai 309 m/s dimana daerah ini merupakan daerah tanah kosong. Nilai VS30 terkecil terletak pada titik C yang bernilai 114 m/s dilihat dari lokasi penelitian daerah ini dekat dengan aliran sungai Bangkahulu, hasil rentang Vs30 dari MASW menunjukkan perbedaan yang tidak jauh berbeda dengan data Vs30 dari USGS. Berdasarkan estimasi karakteristik dinamis tanah daerah tersebut termasuk kedalam kategori tanah sedang dan tanah lunak. Kata kunci: MASW, Sungai Serut, Vs30, Karakteristik Dinamis Tanah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:35
Last Modified: 10 Jul 2023 03:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12528

Actions (login required)

View Item View Item