MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA SISWA KELAS XI DI SMA 9 KOTA BENGKULU

Saksana, Obby Anggi and Dharmayana, I Wayan and Afifatus, Sholihah (2019) MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA SISWA KELAS XI DI SMA 9 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama terhadap perilaku prososial siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan one group pretest dan posttest design. Subjek penelitian ini sebanyak 30 siswa dari kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 9 kota Bengkulu dan sampel 24 siswa yang memiliki perilaku prososial kategori rendah, sedang dan tinggi pada saat pre-test dilakukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket perilaku prososial dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukan perilaku prososial siswa meningkat setelah diberikan layanan pengusaan konten dengan teknik sosiodrama. Hal ini ditunjukan dari hasil uji t (nilai t = -13,625, (sig. p < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama berpengaruh terhadap perilaku prososial siswa di kelas XI SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Kata kunci: perilaku prososial, teknik sosiodrama, layanan penguasaan konten

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 07 Jul 2023 04:05
Last Modified: 07 Jul 2023 04:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12529

Actions (login required)

View Item View Item