IDENTIFIKASI ZONA BATUAN ALTERASI HIDROTERMAL DENGAN METODE TIME DOMAIN INDUCED POLARIZATION (TDIP) (Studi Kasus: Di Air Putih Kecamatan Pinang Berlapis Kabupaten Lebong)

Sari, MaykeNur Indah and Suhendra, Suhendra and Halauddin, Halauddin (2022) IDENTIFIKASI ZONA BATUAN ALTERASI HIDROTERMAL DENGAN METODE TIME DOMAIN INDUCED POLARIZATION (TDIP) (Studi Kasus: Di Air Putih Kecamatan Pinang Berlapis Kabupaten Lebong). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_Mayke Nur Indah Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Alterasi hidrotermal adalah perubahan komposisi mineral pada suatu batuan secara fisik dan kimia yang di sebabkan oleh larutan hidrotermal pada temperatur yang tinggi. Interaksi larutan hidrotermal dengan batuan yang dilewatinya (batuan dinding), akan menghasilkan perubahan mineral primer menjadi mineral sekunder. Zona alterasi hidrotermal dapat diidentifikasi dengan menggunakan metode Time Domain Induced Polarization. Daerah penelitian yang terdapat manifestasi hidrotermal terletak di Kawasan Air Putih, Kecamtan Pinang Berlapis, Kabupaten Lebong. Oleh karena itu pada penelitian ini dilakukan dengan menggunkan metode Time Domain Induced Polarization. Hasil penelitian ini menunjukan penandaan zona alterasi hidrotermal pada daerah penelitian tersebut. Zona alterasi yang ditandai adanya zona alterasi hidrotermal dari mineral granit, breksi, basalt. Zona alterasi hidrotermal ditandai adanya zona konduktif dengan nilai chargeability -191 sampai -50,9 msec pada kedalaman dangkal 0,375-12,9 meter. KATA KUNCI: Manifestasi, Minerals, Alterasi Hidrotermal, Chargeability, Induced Polarization

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:35
Last Modified: 10 Jul 2023 03:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12533

Actions (login required)

View Item View Item