PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN STRATEGI COPING (EMOTION FOCUSED) DALAM MEREDUKSI STRES NARAPIDANA ANAK DI LPKA KLAS II BENGKULU

Alvionita, Revi and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Afifatus, Sholihah (2019) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN STRATEGI COPING (EMOTION FOCUSED) DALAM MEREDUKSI STRES NARAPIDANA ANAK DI LPKA KLAS II BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan strategi coping dalam mereduksi stres narapidana anak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest dan posttest. Subjek penelitian ini menggunakan 8 orang narapidana anak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket stres. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres narapidana anak menurun setelah diberikan layanan konseling kelompok, hal ini ditunjukkan dari hasil uji perbedaan antara pretest (103,25) dan posttest (76,25) dengan nilai thitung =9.109 > ttabel (2,365) dan signifikansi 0,000 (p<0,05). Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat stres narapipdana anak sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan strategi coping (emotion focused coping) kepada subjek penelitian. Kata kunci: stres, layanan konseling kelompok, strategi coping (emotion focused)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:34
Last Modified: 10 Jul 2023 03:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12540

Actions (login required)

View Item View Item