TINGKAT PENYIMPANGAN HASIL 2D METODE GEOLISTRIK TAHANAN JENIS KONFIGURASI WENNER SCLHUMBERGER DARI PERLAKUAN JARAK ELEKTRODA YANG BERVARIASI (Studi Kasus: Kawasan Sekitar LapanganUniversitas Bengkulu)

Wardiman, Wardiman and Refrizon, Refrizon and Suhendra, Suhendra (2021) TINGKAT PENYIMPANGAN HASIL 2D METODE GEOLISTRIK TAHANAN JENIS KONFIGURASI WENNER SCLHUMBERGER DARI PERLAKUAN JARAK ELEKTRODA YANG BERVARIASI (Studi Kasus: Kawasan Sekitar LapanganUniversitas Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI WARDIMAN UNTUK PERPUS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian telah dilakukan di kawasan Stadion Universitas Bengkulu yang memiliki sebaran air tanah di sepanjang lintasan penelitian. Metode yang digunakan adalah metode geolistrik tahanan jenis konfigurasi wenner-schlumberger. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh beberapa elektroda yang dipasang dengan spasi yang tidak sama terhadap sebaran resistivitas (ρ) pada struktur bawah permukaan penampang 2D geolistrik konfigurasi wenner-schlumberger menggunakan 5 lintasan pengukuran di koordinat yang sama, pada lintasan ke-1 menggunakan spasi elektroda 5 meter dan pada lintasan ke-2 sampai ke-5 menggunakan variasi spasi beberapa elektroda dengan merubah spasi elekttroda. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan software Res2DINV ver 3.56 untuk mendapatkan penampang tahanan jenis secara 2D dari setiap lintasan. Dari hasil penelitian didapat bahwa beberapa elektroda yang dipasang dengan spasi tidak sama akan mempengaruhi sebaran resistivitas (ρ) pada hasil struktur bawah permukaan penampang 2D. Persentase perubahan nilai tahanan jenis pada titik datum menunjukan bahwa semakin banyak spasi elektroda yang tidak sama, maka akan semakin besar juga persentase perubahan nilai tahanan jenis pada titik datum serta tidak boleh ada elektroda yang dirubah spasinya sebanyak 11 elektroda atau lebih . Kata kunci: Jarak elektroda yang bervariasi, Penyimpangan hasil 2D, Geolistrik tahanan jenis, Kawasan Lapangan Universitas Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:35
Last Modified: 10 Jul 2023 03:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12541

Actions (login required)

View Item View Item