PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI ARANG AKTIF KULIT BUAH NANGKA (Artocarpus heterophyllus Lamk.) DENGAN PENGARUH PENGGUNAAN AKTIVATOR H3PO4 DAN ZnCl2

Munpuni, Amalia and Banon, Charles and Deni, Agus Triawan (2022) PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI ARANG AKTIF KULIT BUAH NANGKA (Artocarpus heterophyllus Lamk.) DENGAN PENGARUH PENGGUNAAN AKTIVATOR H3PO4 DAN ZnCl2. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI AMALIA MUNPUNI F1B017013.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah pembuatan dan karakterisasi arang aktif kulit buah nangka dengan aktivator H3PO4 dan ZnCl2. Arang dikarbonisasi dengan suhu 500oC dalam waktu 90 menit dan di aktivasi dengan aktivator H3PO4 dan ZnCl2 selama 24 jam. Karakterisasi arang aktif meliputi uji kadar air, uji kadar abu dan analisis gugus fungsi dengan FTIR, sedangkan daya serap meliputi uji daya serap iodium dan uji daya serap metilen biru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar air 2% telah memenuhi kualitas standar menurut SNI. Kadar abu dengan aktivator H3PO4 yaitu 2% telah memenuhi kualitas standar SNI sedangkan kadar abu dengan aktivator ZnCl2 yaitu 14% belum memenuhi kualitas standar SNI. Pada daya serap iodium dengan aktivator ZnCl2 yaitu 1903,5 mg/g telah memenuhi kualitas standar SNI sedangkan daya serap iodium dengan aktivator H3PO4 yaitu 253,8 mg/g belum memenuhi kualitas standar SNI. Daya serap metilen biru belum memenuhi kualitas arang aktif menurut SNI dimana pada aktivator H3PO4 yang diperoleh yaitu 97 mg/g dan pada aktivator ZnCl2 yaitu 94 mg/g. Karakterisasi FTIR menujukkan adanya gugus C=C aromatik, gugus C-H alkana dan gugus C-O eter pada arang aktif Kata Kunci : Arang Aktif, Kulit Buah Nangka, H3PO4, ZnCl2, FTIR.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:36
Last Modified: 10 Jul 2023 03:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12543

Actions (login required)

View Item View Item