OPTIMASI KONSUMSI PAKAN BENIH IKAN DENGAN LINEAR PROGRAMMING INTERVAL COEFFICIENTS (LPIC) (Studi Kasus: Dinas Perikanan dan Kelautan Bengkulu Selatan)

Zain, David and Fauzi, Yulian and Zulfia, Memi Mayasari (2022) OPTIMASI KONSUMSI PAKAN BENIH IKAN DENGAN LINEAR PROGRAMMING INTERVAL COEFFICIENTS (LPIC) (Studi Kasus: Dinas Perikanan dan Kelautan Bengkulu Selatan). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DAVID ZAIN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu pertimbangan dalam menyelesaikan persoalan Linear Programming (LP) adalah menggunakan pendekatan interval, dimana koefisien tak tentu diubah menjadi bentuk interval. Bentuk LP ini dinamakan Linear Programming Interval Coefficients (LPIC). Penelitian ini bertujuan membangun model matematika dalam upaya meminimumkan biaya konsumsi pakan benih ikan dan menentukan berapa banyak jumlah konsumsi pakan benih ikan di Dinas Perikanan dan Kelautan Bengkulu Selatan dengan menggunakan metode Linear Programming Interval Coefficients (LPIC) sehingga menghasilkan dua solusi yaitu Best Optimum dan Worst Optimum. Solusi didapat dengan melakukan serangkaian langkah penelitian yang terdiri dari pengumpulan data dalam bentuk interval dan pembentukan model LPIC Best Optimum dan LPIC Worst Optimum yang diturunkan dari nilai terendah dan nilai tertinggi dalam interval. Penyelesaian model LPIC dikerjakan dengan menggunakan metode dual simpleks. Hasil dari penelitian ini adalah jumlah konsumsi pakan benih ikan di Dinas Perikanan dan Kelautan Bengkulu Selatan minimal, sehingga biaya konsumsinya juga minimal, yaitu dengan Best Optimum adalah Rp1.725.500, dimana jumlah pakan benih ikan adalah 300 kg setiap pembelian untuk 100.000 ekor benih ikan. Sedangkan untuk Worst Optimum adalah Rp 2.169.208, dimana jumlah pakan benih ikan adalah 341,052 kg setiap pembelian untuk 100.000 ekor benih ikan. Kata kunci: Bengkulu Selatan, Linear Programming, Linear Programming Interval Coefficients, Pakan Ikan, Benih Ikan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:45
Last Modified: 10 Jul 2023 03:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12557

Actions (login required)

View Item View Item