OPTIMALISASI PRODUKSI AYAM PETELUR DAN PENJUALAN AYAM PETELUR YANG TIDAK PRODUKTIF MENGGUNAKAN METODE SIMPLEKS, BIG-M, DAN DUA FASE (Studi Kasus: Peternakan Ayam Petelur Pak Aga di Desa Lubuk Ladung Kedurang Bengkulu Selatan)

Mardova, Fara Abelia and Fauzi, Yulian and Siska, Yosmar (2022) OPTIMALISASI PRODUKSI AYAM PETELUR DAN PENJUALAN AYAM PETELUR YANG TIDAK PRODUKTIF MENGGUNAKAN METODE SIMPLEKS, BIG-M, DAN DUA FASE (Studi Kasus: Peternakan Ayam Petelur Pak Aga di Desa Lubuk Ladung Kedurang Bengkulu Selatan). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
BENAR Skripsi Fara Abelia Mardova (KASET).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Linear programming adalah salah satu cara dalam menyelesaikan masalah optimalisasi produksi ayam petelur. Dalam penelitian ini studi kasus peternakan Ayam Petelur Pak Aga yaitu menentukan jumlah produksi yang optimum sehingga diperoleh keuntungan yang maksimum dan minimum biaya pembelian produksi pakan makan. Masalah ini diselesaikan menggunakan metode simplek, Big-M dan Dua Fase serta dibantu dengan Software TORA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model linear pada produksi ayam petelur dan penjualan ayam petelur yang tidak produktif serta solusi dari model linear pada produksi telur ayam dan penjualan ayam petelur yang tidak produktif. Data penelitian ini dapat dilakukan melalui observasi dan wawancara pada peternakan Pak Aga. Hasil penelitian menunjukan keuntungan produksi ayam petelur yang diperoleh dari peternakan ayam petelur milik pak Aga tiap 5 bulan adalah Rp. 166.530.000 dengan minimum biaya senilai Rp. 147.909.375 berdasarkan penggunaan metode simpleks, big-m dan dua fase. Akan tetapi, metode simplek, Big-M, dan Dua Fase cara kerja yang dimiliki sama dan perbedaannya terletak pada pembentukan tabel awal. Sehingga dapat menjadi perencanaan untuk memporoleh keuntungan yang lebih maksimum dan biaya produksi yang lebih minimum. Kata Kunci: Linear Programming, Metode Simpleks, Big-M, Dua Fase, dan Software TORA

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:36
Last Modified: 10 Jul 2023 03:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12560

Actions (login required)

View Item View Item