ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL PADA BUKU MATEMATIKA TERBITAN KEMENDIKBUD KELAS IX SEMESTER 1 MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI

Shabrina, Vania Ulfa and Agustinsa, Ringki and Teddy, Alfra Siagian (2021) ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL PADA BUKU MATEMATIKA TERBITAN KEMENDIKBUD KELAS IX SEMESTER 1 MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_Vania Ulfa Shabrina_A1C017016_Pendidikan Matematika_FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal latihan dan uji kompetensi materi kekongruenan dan kesebangunan pada buku teks matematika kelas IX semester 1 terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2018 berdasarkan taksonomi bloom revisi. Taksonomi bloom yang digunakan ialah pada dimensi proses kognitif yang terdiri dari mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian adalah soal latihan dan soal uji kompetensi materi kekongruenan dan kesebangunan kelas IX. Soal-soal latihan yang dianalisis berjumlah 78 pertanyaan dan soal uji kompetensi berjumlah 56 pertanyaan. Pada soal latihan memuat tingkat kognitif soal Mengingat (C1) sebanyak 7 pertanyaan (9%), Memahami (C2) sebanyak 29 pertanyaan (39,3%), Mengaplikasikan (C3) sebanyak 35 pertanyaan (44,9%), Menganalisis (C4) sebanyak 7 pertanyaan (9%), serta tidak ditemukannya tingkat kognitif Mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6).Sedangkan pada soal uji kompetensi memuat tingkat kognitif soal Mengingat (C1) sebanyak 3 pertanyaan (5,3%), Memahami (C2) sebanyak 21 pertanyaan (37,1%), Mengaplikasikan (C3) sebanyak 29 pertanyaan (51,8%), dan Menganalisis (C4) sebanyak 2 pertanyaan (3,6%) serta tidak ditemukannya tingkat kognitif Mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Kata Kunci: Buku Teks Matematika, Soal , Tingkat Kognitif, Taksonomi Bloom.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:46
Last Modified: 10 Jul 2023 03:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12567

Actions (login required)

View Item View Item