PENGEMBANGAN MODEL OPTIMISASI TATA LETAK PADA PEMASANGAN PANEL SURYA PHOTOVOLTAIC (PV) MENGGUNAKAN MAXIMAL PV PANEL COVERAGE PROBLEM (MPPCP)

Nugraha, Alfajar and Daratha, Novalio and M., Khairul Amri Rosa (2022) PENGEMBANGAN MODEL OPTIMISASI TATA LETAK PADA PEMASANGAN PANEL SURYA PHOTOVOLTAIC (PV) MENGGUNAKAN MAXIMAL PV PANEL COVERAGE PROBLEM (MPPCP). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
PDF SKRIPSI ALFAJAR NUGRAHA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Permintaan energi listrik yang terus meningkat di seluruh dunia telah memberikan banyak tekanan pada pasokan energi. Energi matahari sebagai salah satu sumber energi terbarukan diharapkan dapat memenuhi permintaan energi listrik. Pemanfaatkan sistem fotovoltaik surya pada rooftop dengan sebaikbaiknya telah mendapatkan banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Pengembangkan model matematis dapat digunakan dalam menunjang perencanaan instalasi panel surya di suatu area atap yang terbatas. Penelitian ini mengusulkan maximal panel pv coverage problem (MPPCP) yang digunakan untuk mengidentifikasi konfigurasi terbaik beberapa panel PV untuk desain tata letak panel surya. Orientasi dan ilustrasi panel dipertimbangkan dalam pemodelan untuk mendapatkan susunan panel surya. Tahapan-tahapan pengembangan model terdiri dari penentuan variabel penelitian seperti decision variable, objective function dan constraints. Pengujian variasi jumlah panel dilakukan pada orientasi landscape dan portrait. Objective value mewakili jumlah titik referensi panel dalam menempati area atap. Pengujian orientasi landscape menghasilkan objective value terbesar dan terkecil yaitu 90.99 pada variasi 15 panel dan 7.0 pada variasi 1 panel. Sedangkan orientasi portrait menghasilkan objective value terbesar dan terkecil yaitu 90.0 pada variasi 15 dan 6.0 pada variasi 1 panel. Objective value berbanding lurus dengan variasi jumlah panel. Model matematis tidak mendapatkan objective value untuk variasi 16 panel karena ukuran area hanya dapat menempatkan maksimal 15 susunan panel. Penelitian ini membuktikan bahwa model perangkat lunak optimisasi dapat bekerja dengan baik berdasarkan susunan decision variable biner yang didapat. Kata Kunci : Instalasi Panel Surya, Maximal Panel PV Coverage Problem (MPPCP), Model Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:46
Last Modified: 10 Jul 2023 03:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12574

Actions (login required)

View Item View Item