IMPLEMENTASI FUZZY MAMDANI UNTUK UNGKAP MASALAH BELAJAR (PTSDL) SISWA BERBASIS WEB DI SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Novrika Pasah, Bima and Erlansari, Aan and Andang, Wijanarko (2021) IMPLEMENTASI FUZZY MAMDANI UNTUK UNGKAP MASALAH BELAJAR (PTSDL) SISWA BERBASIS WEB DI SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_G1A017027_BIMA NOVRIKA PASAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Alat Ungkap Masalah Belajar (PTSDL) Siswa merupakan sebuah instrument pelayanan bimbingan dan konseling yang digunakan oleh Guru Bimbingan dan Konseling dalam menganalisa dan mengungkap lebih jauh masalah – masalah belajar yang dihadapi oleh siswa di sekolah. Pengelolaan data analisa masalah belajar siswa secara manual yang dilakukan oleh Guru Bimbingan dan Konseling memungkinkan terjadinya kesalahan dalam proses pengelolaan dan perhitungan hasil akhir dari data masalah belajar siswa tersebut, sehingga kesimpulan yang yang dihasilkan atas masalah belajar siswa tersebut menjadi kurang akurat dan cenderung tidak pasti. Penelitian ini bertujuan untuk membantu dan mempermudah Guru Bimbingan dan Konseling SMA Negeri 6 Kota Bengkulu dalam pengelolaan, perhitungan, dan menemukan sebuah keputusan terbaik dalam menganalisa dan mengidentifikasi masalah belajar yang dihadapi oleh 42 Siswa Kelas XI di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu menggunakan instrumen Alat Ungkap masalah Belajar (PTSDL) Siswa berbasis web dengan bantuan metode fuzzy mamdani yang berguna untuk penarikan kesimpulan atau suatu keputusan terbaik dalam permasalahan yang tidak pasti. Luaran yang dihasilkan berupa data rekapitulasi masalah belajar siswa yang memuat detail skor, masalah, dan kulitas masing-masing bidang masalah belajar (PTSDL). Selain itu terdapat juga luaran yang dihasilkan berupa data hasil pengujian fungsional sistem menggunakan metode black box testing dari 53 skenario yang diuji diperoleh tingkat keberhasilan sebesar 100% dan nilai akurasi dari 42 data uji menggunakan metode fuzzy mamdani sebesar 100%. Kata Kunci : Siswa, Guru Bimbingan dan Konseling, Alat Ungkap Masalah Belajar (PTSDL), Metode Fuzzy Mamdani.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:46
Last Modified: 10 Jul 2023 03:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12590

Actions (login required)

View Item View Item