PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR FISIKA BERORIENTASI HOTS (Higher Order Thinking Skills) PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE

Desilva, Dona and Sakti, Indra and Rosane, Medriati (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR FISIKA BERORIENTASI HOTS (Higher Order Thinking Skills) PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi dona.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) menghasilkan desain instrumen penilaian hasil belajar fisika berorientasi HOTS 2) mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar fisika berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skilss) yang valid dan 3) mendeskripsikan karakteristik instrumen penilaian hasil belajar fisika berorientasi HOTS yang valid, pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Penelitian ini merupakan R&D level 1 (Sugiyono, 2017) yang diadaptasi menjadi delapan tahap yaitu potensi masalah, studi literatur dan pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, desain teruji, produk awal, validasi produk dan produk teruji. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran fisika di SMAN 02 Kota Bengkulu, SMAN 07 Kota bengkulu dan SMAN 10 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil pada tahap potensi dan masalah, diketahui bahwa instrumen penilaian hasil belajar fisika yang digunakan di 3 Sekolah tersebut belum brorientasi HOTS sehingga dilanjutkan dengan dikembangkannya instrumen penilaian hasil belajar fisika berorientasi HOTS. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) Desain instrumen HOTS yaitu bentuk soal: pilihan ganda dan uraian, penyajian soal : paper test, konteks soal : di luar kelas (kontekstual), materi : Elastisitas dan Hukum Hooke dan indikator soal : HOTS, 2) Hasil uji validitas oleh judgement ahli dan praktisi yang berada pada kategori sangat valid dengan presentase 97,14% untuk aspek materi, 98,33% untuk aspek konstruksi dan 100% untuk aspek bahasa, dan 3) Karakterisitik instrumen HOTS yaitu mengacu pada indikator HOTS (berada pada level kognitif C4 atau C5 atau C6), menggunakan Kata Kerja Operasional (KKO) level C4 atau C5 atau C6, kontekstual dan menggunakan stimulus (teks, gambar, tabel). Kata Kunci: HOTS, instrumen penilaian, hasil belajar, penelitian dan pengembangan, Elastisitas dan Hukum Hooke

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:33
Last Modified: 10 Jul 2023 03:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12594

Actions (login required)

View Item View Item