UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIRTUAL LABORATORY DI KELAS XI MIPA A SMAN 2 KOTA BENGKULU

Adyan, Faiz Brikinzky and Purwanto, Andik and Nirwana, Nirwana (2019) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIRTUAL LABORATORY DI KELAS XI MIPA A SMAN 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi real faiz.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar, aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah peneitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA A SMAN 2 Kota Bengkulu yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah skor rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 26 dalam kategori cukup, siklus II sebesar 34 dalam kategori baik, dan siklus III sebesar 36 dalam kategori baik. Motivasi belajar siswa sebelum mengikuti proses pembelajaran berada pada kategori rendah dengan skor 44,18, dan pada saat setelah mengikuti proses pembelajaran skor rata-rata motivasi belajar siswa meningkat menjadi 62,06 yang berada pada kategori tinggi. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 73,59, kemudian pada siklus II sebesar 75,93 dan pada siklus III sebesar 80,15. Hasil belajar siswa dalam aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh daya serap siswa sebesar 73,59% dan ketuntasan belajar sebesar 68,75% (belum tuntas), meningkat pada siklus II diperoleh daya serap siswa sebesar 75,93% dan ketuntasan belajar sebesar 84,37%(tuntas), meningkat dibandingkan dibandingkan siklus I dan II yaitu siklus III diperoleh daya serap sebesar 80,15% dan ketuntasan belajar sebesar 100% (tuntas). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning berbantuan Virtual Laboratory dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Model Discovery Learning, Virtual Laboratory, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:32
Last Modified: 10 Jul 2023 03:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12596

Actions (login required)

View Item View Item