EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL OPEN-ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA KELAS X (Pre Experimental Design)

Ahmad, Heko Akbar and Putri, Desy Hanisa and Connie, Connie (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL OPEN-ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA KELAS X (Pre Experimental Design). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HEKO (A1E015031) fix.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana efektivitas penggunaan model open-ended problem terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah Pre Experimental Design tipe one group pretest postest design Adapun sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dari berbagai pertimbangan guru mata pelajaran fisika sehingga diperoleh siswa kelas X MIA 4 sebagai kelas uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif (thitung = 31,47 yang lebih besar dari ttabel = 1,69) dan kemampuan pemecahan masalah siswa (thitung = 4, 95 yang lebih besar dari ttabel = 1,69), yang diajarkan menggunakan model open-ended problem untuk variabel kemampuan berpikir kreatif dan variabel kemampuan pemecahan masalah. Dengan hasil uji N�gain sebesar 0,74 untuk kemampuan berpikir kreatif dan 0,63 untuk uji N-gain pada kemampuan pemecahan masalah, sehingga dapat disimpulkan bahwa model open�ended problem efektif diterapkan pada kemampuan berpikir kreatif dan kemampaun pemecahan maalah siswa. Kata kunci : Open-Ended Problem, Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:32
Last Modified: 10 Jul 2023 03:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12598

Actions (login required)

View Item View Item