PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA KONSEP SUHU SISWA KELAS VII SMP N 3 KEPAHIANG

Agustina, Niya and Fransiska, Connie and Irwan, Koto (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA KONSEP SUHU SISWA KELAS VII SMP N 3 KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Niya Agustina (A1E012058).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Peta Konsep dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa pada konsep suhu mata pelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin melalui empat tahapan, yaitu; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Kepahiang tahun pelajran 2017/2018 yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari 20 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan Lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa, lembar test untuk melihat hasil belajar siswa dan lembar angket untuk melihat minat belajar siswa. Indikator keberhasilan dalam melakukan evaluasi untuk melihat hasil belajar siswa minimal 75% siswa nilainya telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), KKM dari mata pelajaran IPA adalah 65. Berdasarkan hasil tes evaluasi pada penelitian Siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 46,4. Siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 56,1. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas siswa sebesar 72,4. Minat belajar siswa dapat memenuhi indikator keberhasilan apabila persentase skor dari penilaian lembar angket mencapai lebih dari atau sama dengan 75% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian sebelum dilakukan tindakan di dalam kelas persentase minat belajar siswa sebesar 35,00 %. Pada siklus I persentase minat belajar siswa sebesar 43,83 %. Pada siklus II persentase Minat belajar Siswa sebesar 55, 44. Pada siklus III persentase minat belajar siswa sebesar 84,07%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajran Problem Based Learning dengan Peta Konsep dapat meningkatkan minat dan Hasil Belajar pada konsep suhu siswa kelas VIIa SMP Negeri 3 Kepahiang. Kata Kunci: Model Pembelajran Problem Based Learing, Peta Konsep, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:31
Last Modified: 10 Jul 2023 03:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12607

Actions (login required)

View Item View Item