PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERORIENTASI HOTS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE (Research and Development)

Azmi, Nurul and Sakti, Indra and Nyoman, Rohadi (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERORIENTASI HOTS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi nurul azmi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan, (1) menghasilkan pengembangan bahan ajar fisika berorientasi HOTS dengan pendekatan saintifik yang valid pada materi elastisitas dan hukum hooke, (2) mendeksripsikan karakteristik bahan ajar fisika berorientasi HOTS dengan pendekatan saintifik pada materi elastisitas dan hukum hooke yang telah dikembangkan, (3) mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar fisika berorientasi HOTS dengan pendekatan saintifik pada materi elastisitas dan hukum hooke. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D level 1 yang diadaptasi meliputi potensi dan masalah, studi literatur dan pengumpulan informasi, desain produk, produk awal, validasi produk, revisi produk, produk akhir dan uji coba keterbacaan. Subjek uji coba keterbacaan pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA N Plus 07 Kota Bengkulu yang terdiri dari 15 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, angket kebutuhan, lembar angket validasi produk dan lembar angket uji keterbacaan produk. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu bahan ajar fisika berorientasi HOTS dengan pendekatan saintifik pada materi elastisitas dan hukum hooke berada pada kategori valid berdasarkan aspek materi dan aspek bahasa, karakteristik dari bahan ajar meliputi: self instructional, self contained, stand alone, adaptif dan user friendly, dan respon siswa tergolong dalam kategori sangat positif. Kata kunci: Bahan ajar fisika, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Pendekatan saintifik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:45
Last Modified: 10 Jul 2023 03:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12611

Actions (login required)

View Item View Item