PENGEMBANGAN SISTEM KONTROL KIPAS ANGIN DAN LAMPU OTOMATIS BERBASIS SAKLAR SUARA MENGGUNAKAN ARDUINO UNO (Research and Development)

Asmaleni, Pensi and Hamdani, Dedy and Indra, Sakti (2019) PENGEMBANGAN SISTEM KONTROL KIPAS ANGIN DAN LAMPU OTOMATIS BERBASIS SAKLAR SUARA MENGGUNAKAN ARDUINO UNO (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI Pensi Asmaleni (A1E015020).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk (1) menghasilkan rancangan dan alat sistem kontrol kipas angin dan lampu otomatis berbasis saklar suara menggunakan Arduino Uno. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Tahap pengembangan dalam penelitian ini meliputi perancangan, produksi dan evaluasi. Sistem kontrol kipas angin dan lampu otomatis berbasis saklar suara menggunakan Arduino Uno terdiri dari komponen-komponen elektronika seperti Bluetooth HC-05 sebagai koneksi antara smartphone android dengan Arduino Uno, relay sebagai pemutus arus listrik dan Arduino Uno sebagai sistem kontrol dari semua rangkaian. Jarak maksimum jangkauan Bluetooth HC-05 17 meter tanpa penghalang dan 7 meter dengan penghalang. Adapun hasil validasi isi dan teknis dalam penelitian ini menunjukan bahwa sistem kontrol kipas angin dan lampu otomatis berbasis saklar suara menggunakan Arduino Uno memperoleh persentase sebesar 82,5% sehingga dikategorikan baik. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa sistem kontrol kipas angin dan lampu otomatis berbasis saklar suara menggunakan Arduino Uno layak untuk digunakan sebagai pengontrol lampu berbasis suara. Kata kunci: Bluetooth HC-05, relay empat chanel, saklar suara, Arduino Uno.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:45
Last Modified: 10 Jul 2023 03:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12612

Actions (login required)

View Item View Item