PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE CAPTIVATE PADA MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA (Research and Development)

Putri, Ramadhanty Mashama and Risdianto, Eko and Nyoman, Rohadi (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE CAPTIVATE PADA MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Ramadhanty Mashama Putri PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pempelajaran interaktif dengan menggunakan Adobe Captivate pada materi gerak harmonik sederhana. Sampel data pada penelitian ini yaitu guru mata pelajaran Fisika serta siswa SMAN 6 dan SMAN 8 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan dalam lima tahap yaitu, penentuan potensi dan masalah, studi literatur dan pengumpulan data informasi, desain produk, validasi desain dan desain teruji. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar angket guru dan siswa, lembar angket uji validasi tim ahli. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Adobe Captivate pada materi gerak harmonik sederhana yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid dengan persentase 81% yang memiliki reliabilitas tinggi dengan persentase 0,86 pada aspek materi, 0,41 pada aspek bahasa dan 0,82 pada aspek media. Berdasarkan hasil dan pembahasan, maka dihasilkan suatu media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Adobe Captivate pada materi gerak harmonik sederhana. Serta memiliki tanggapan yang positif oleh guru dan siswa yaitu dengan persentase 84% dan 85% dan layak untuk digunakan. Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Media, Adobe Captivate, Gerak Harmonik Sederhana.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:02
Last Modified: 10 Jul 2023 04:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12617

Actions (login required)

View Item View Item