PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM SOLVING BERORIENTASI HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI SMAN 1 BENGKULU TENGAH

Daryanti, Safri and Sakti Lubis, Indra and Dedy, Hamdani (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM SOLVING BERORIENTASI HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI SMAN 1 BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk (1) Menemukan pengaruh model Problem Solving berorientasi HOTS terhadap hasil belajar fisika di SMAN 1 Bengkulu Tengah (2) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran model Problem Solving berorientasi HOTS di SMAN 1 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Research tipe nonequivalent control group design dan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol yang diambil menggunkan teknik Purposive Sampling. Data kuantitatif diperoleh dari pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar fisika dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunkan uji-t dengan Software Microsoft Exel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan pembelajaran model Problem Solving Berorientasi HOTS dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh pada taraf signifikan 95% yang artinya terdapat pengaruh pembelajaran model Problem Solving berorientasi HOTS terhadap hasil belajar siswa (2) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran model Problem Solving Berorientasi HOTS di SMAN 1 Bengkulu Tengah. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kenaikan hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diajarkan dengan pembelajaran model Problem Solving Berorientasi HOTS sebesar 44,08, berarti pembelajaran model Problem Solving Berorientassi HOTS meingkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci: Problem Solving, Higher Order Thinking Skill (HOTS), Hasil Belajar Fisika, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:47
Last Modified: 10 Jul 2023 04:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12622

Actions (login required)

View Item View Item