PENGEMBANGAN MODUL FISIKA DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK (Project Based Learning) PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK

Septi, Septi and Sakti, Indra and Desy, Hanisa Putri (2019) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK (Project Based Learning) PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SEPTI A1E015004.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dalam lima tahap yang bertujuan untuk mengembangkan modul fisika dengan pembelajaran berbasis projek.Sampel atau sumber data penelitian ini yaitu guru fisika SMAN 1, SMAN 5, dan SMAN 6 Kota Bengkulu. Penelitian yang dilakukan melalui tahapan yaitu potensi dan masalah, studi literatur dan pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, dan desain teruji. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar angket guru, lembar angket uji validasi tim ahli dan praktisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul fisika dengan pembelajaran berbasis projek yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid dan merupakan desain teruji karena mendapatkan persentase total uji validitas yaitu 82,35%. Berdasarkan hasil dan pembahasan dengan penambahan petunjuk penggunaan modul, tujuan pembelajaran, kunci jawaban, materi, gambar, dan produk yang dihasilkan setiap modul alat-alat optik maka dihasilkanlah modul fisika dengan pembelajaran berbasis projek pada materi alat-alat optik di SMA Kata Kunci: Modul Fisika, PjBL, Alat-alat optik, Penelitian pengembangan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:47
Last Modified: 10 Jul 2023 04:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12623

Actions (login required)

View Item View Item