PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIA SMAN 8 KOTA BENGKULU (Quasi Experiment Research)

Lestari, Yenni Novita and Swistoro, Eko and Andik, Purwanto (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIA SMAN 8 KOTA BENGKULU (Quasi Experiment Research). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi yenni novita lestari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran dengan model Problem Solving Fisika (PSF) terhadap hasil belajar pada ranah kognitif dan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas X MIA di SMAN 8 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan disain nonequivalent control group design untuk meneliti pengaruh model PSF terhadap hasil belajar kognitif dan one group pretest posttest design untuk meneliti pengaruh model PSF terhadap kemampuan berpikir kritis. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purpossive sampling sehingga diperoleh kelas X MIA 1 berjumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 berjumlah 34 orang sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar kognitif (THBK) dan tes kemampuan berpikir kritis (TKBK). Berdasarkan analisis data menggunakan uji-T dua sampel independen menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan model PSF terhadap hasil belajar kognitif dengan nilai t t hitung tabel  yaitu (2,63 > 2,00), dengan effect size sebesar 0,6 yang berada dalam kategori sedang. 2) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan model PSF terhadap kemampuan berpikir kritis diketahui dengan adanya selisih antara skor rata-rata posttest dengan skor rata-rata pretest (O2 – O1) sebesar 37,38, dengan effect size sebesar 3,0, yang berada dalam kategori kuat. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran menggunakan model problem solving fisika terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci: Model Problem Solving Fisika, Hasil Belajar Kognitif, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:47
Last Modified: 10 Jul 2023 04:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12628

Actions (login required)

View Item View Item