IMPLEMENTASI METODE K-MEDOIDS DALAM PEMETAAN KELOMPOK MAHASISWA MELALUI DATA AKTIVITAS KULIAH (Studi Kasus: Program Studi Informatika, Universitas Bengkulu)

Indarti, Sri and Andreswari, Desi and Mochammad, Yusa (2021) IMPLEMENTASI METODE K-MEDOIDS DALAM PEMETAAN KELOMPOK MAHASISWA MELALUI DATA AKTIVITAS KULIAH (Studi Kasus: Program Studi Informatika, Universitas Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
NASKAH_G1A017018_SRI INDARTI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kelulusan merupakan satu perisitiwa yang sangat dinanti-nanti oleh tiap mahasiswa serta lulus tepat pada waktunya merupakan sesuatu perihal yang diharapkan. Salah satunya yaitu Program Studi Informatika, Fakultas Teknik Universitas Bengkulu tentu menginginkan mahasiswanya untuk lulus tepat waktu, Sebab Perihal ini berguna untuk meningkatkan reputasi dan akreditasi kampus. Ada banyak faktor yang menyebabkan mahasiswa lama menyelesaikan studi yakni faktor internal dan faktor eksternal dari diri mahasiswa. Untuk memberikan informasi mengenai kelompok-kelompok mahasiswa untuk mengetahui masa studi mahasiswa agar dapat dilakukan tindakan pencegahan terhadap mahasiswa yang memiliki kecendrungan menyelesaikan studi tidak tepat waktu. Serta dapat dilakukan untuk memantau hasil belajar dengan melihat aktivitas kuliah mahasiswa. Maka penelitian yang diusulkan berupa sistem Implementasi Metode K-Medoids Dalam Pemetaan Kelompok Mahasiswa Melalui Data Aktivitas Kuliah dengan studi kasus mahasiswa program studi Informatika Universitas Bengkulu angkatan 2017-2018 sebagai data testing. Adapun data kriteria yang digunakan yaitu jumlah sks, sks gagal, ipk, tanggungan biaya kuliah, status pelaksanaan Proyek Perangkat Lunak (PPL), pelaksanaan kerja praktik (KP), organisasi kampus, status skripsi, penghasilan orang tua, status dan pekerjaan sebagai parameter atau alat ukur untuk memudahkan dalam mengelompokan mahasiswa. Luaran yang dihasilkan berupa 2 klaster mahasiswa dan setiap pengklasteran yang dilakukan akan menghasilkan centroid yang berubah-ubah, setelah mendapatkan hasil klaster akan dilakukan e valuasi klaster dengan menggunakan metode silhouette coefficient dengan menghasilkan nilai masingmasing dari kedua cluster uji yaitu cluster 1 dengan data 23 mahasiswa mendapatkan nilai silhouette coefficient yaitu 0.90357246554444. Cluster 2 dengan data 4 mahasiswa mendapatkan nilai silhouette coefficient yakni - 0.84775082602866. Dengan jumlah nilai 0.05582163951578 dan rata-rata nilai klaster yakni 0.02791081975789 yang dapat digolongkan sebagai clustering baik. Kata kunci: Kelulusan, K-Medoids Clustering, Metode Silhouette Coefficient

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:48
Last Modified: 10 Jul 2023 04:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12629

Actions (login required)

View Item View Item