PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA KARTU KATION ANION TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA (Quasi Experiment Research)

Rosmalara, Anisa and Elvia, Rina and Salastri, Rohiat (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA KARTU KATION ANION TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA (Quasi Experiment Research). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ANISA ROSMALARA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbedaan hasil belajar kimia siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran student teams achievement division (STAD) dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran team games tournament (TGT) pada materi tatanama senyawa kimia di kelas X IPA SMA Negeri 1 Rejang Lebong. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan jenis kuasi eksperimen dengan populasi yaitu kelas X IPA di SMAN 1 Rejang Lebong tahun ajaran 2018/2019 dan sampel yaitu kelas X IPA 4 dan kelas X IPA 6. Analisis data yang digunakan adalah rata-rata (mean), uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji u). Data hasil belajar kimia siswa diperoleh dari nilai pretest dan nilai postest dimana nilai rata- rata peningkatan hasil belajar kognitif untuk kelas student teams achievement division dan kelas team games tournament adalah 57,222 dan 46,944. Melalui serangkaian uji statistik dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji u dengan taraf signifikan (α<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menerapkan model pembelajaran student teams achievement division dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran team games tournament. Kata Kunci : Hasil belajar, kartu kation anion, student teams achievement division, team games tournament

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:45
Last Modified: 10 Jul 2023 08:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12633

Actions (login required)

View Item View Item