PENERAPAN MEDIA VIRTUAL LAB UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI KELAS X SMK NEGERI 2 REJANG LEBONG (Clasroom Action Research)

Wibowo, Arif Nurmimam and Bahar, Amrul and Hermansyah, Amir (2019) PENERAPAN MEDIA VIRTUAL LAB UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI KELAS X SMK NEGERI 2 REJANG LEBONG (Clasroom Action Research). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Arif Nurimam Wibowo.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk (1) meningkatan aktivitas guru; (2) meningkatkan aktivitas siswa (3) serta meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia menggunakan media virtual lab “Chemistry Ex3D” di kelas X SMK Negeri 2 Rejang Lebong. Proses penelitian tindakan kelas ini menggunakan system spiral refleksi diri yang terdiri atas empat tahapan dimulai dengan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observasi) dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan media virtual lab “Chemistry Ex3D” dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas belajar kimia siswa dilihat dari peningkatan keaktifan siswa pada siklus I dengan skor 33 yang termasuk kategori cukup, siklus II dengan skor 38 termsauk kategori baik dan siklus III dengan skor 42 termasuk kategori baik. Media virtual lab “Chemistry Ex3D” juga dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas mengajar guru kimia dilihat dari keaktifan guru dalam mengelolah kelas yang termasuk kategori baik, sengan skor masing-masing pada siklus I, siklus II dan siklus III adalah 42, 45 dan 48. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, media virtual lab “Chemistry Ex3D” dapat meningkatkan hasil belajar kimia yang dapat dilihat dari ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I, siklus II, dan siklus III adalah 63,63 %, 78,78 % dan 90,09%. Kata kunci : Media virtual lab, Keaktifan guru dan siswa, Hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:45
Last Modified: 10 Jul 2023 08:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12635

Actions (login required)

View Item View Item