PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN MENGGUNAKAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER (Research and Development)

Romayanti, Cici and Sundaryono, Agus and Handayani, Dewi (2019) PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN MENGGUNAKAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI CICI ROMAYANTI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan dan respon siswa dari pengembangan e-modul kimia berbasis kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan kvisoft flipbook maker pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research & Development), yang menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation) dengan batasan tahapan pada implementasi (implementation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul kimia berbasis kemampuan berpikir kreatif yang dikembangkan termasuk kategori sangat layak dan layak digunakan dengan hasil validasi dari ahli media sebesar 97,7%, validasi ahli materi sebesar 90,2%, uji coba keterbacaan pada uji coba kelompok kecil yang dilakukan oleh 9 siswa dikelas X MIPA 2 sebesar 97,04%, dan respon siswa pada uji coba kelompok besar yang dilakukan oleh 25 siswa dikelas X MIPA 1 sebesar 86,4%. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul kimia berbasis kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan kvisoft flipbook maker sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: E-modul, Berpikir Kreatif, Kvisoft Flipbook Maker

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:45
Last Modified: 10 Jul 2023 08:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12637

Actions (login required)

View Item View Item