STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MAN REJANG LEBONG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN PEER LED GUIDED INQUIRY (PLGI)

Oktaria, Deni and Handayani, Dewi and Elvinawati, Elvinawati (2019) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MAN REJANG LEBONG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN PEER LED GUIDED INQUIRY (PLGI). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran Peer Led Guided Inquiry (PLGI) pada materi hidrolisis garam di kelas XI IPA MAN Rejang Lebong. Bentuk penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Analisis data yang digunakan adalah nilai rata-rata (mean), uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji t). Hasil belajar peserta didik pada penelitian ini dilihat dari selisih nilai pretest dan postest. Rata-rata selisih nilai pretest dan postest pada ranah kognitif untuk kelas Peer Led Guided Inquiry (PLGI) dan kelas jigsaw adalah 50,379 dan 46,818. Sedangkan nilai rata-rata pada ranah psikomotor untuk kelas Peer Led Guided Inquiry (PLGI) dan kelas jigsaw adalah 83,686 dan 78,09. Hasil uji t dengan taraf signifikan (α = 0,05), didapatkan nilai pada ranah kognitif yaitu nilai sig.(2-tailed) 0,047 < 0,05 dan pada ranah psikomotor yaitu sig.(2-tailed) 0,031 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan model pembelajaran Peer Led Guided Inquiry (PLGI) dan model pembelajaran jigsaw. Kata kunci : Hasil Belajar, Peer Led Guided Inquiry (PLGI), Jigsaw

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:45
Last Modified: 12 Jul 2023 02:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12640

Actions (login required)

View Item View Item