PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALY, DAN REPETITION (AIR) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU ARISAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA 1 SMAN 8 KOTA BENGKULU

Sumiati, Diana and Bahar, Amrul and Dewi, Handayani (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALY, DAN REPETITION (AIR) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU ARISAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA 1 SMAN 8 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DIANA OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dikelas X MIA 1 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu pada pokok bahasan ikatan kimia melalui penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectualy, dan Repetition (AIR) dengan menggunakan media pembelajaran kartu arisan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara non tes dan tes yaitu lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan post test. Data diolah dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif sederhana yaitu nilai total setiap siswa, nilai rata-rata, persentase daya serap, ketuntasan belajar dan rata-rata skor observasi. Hasil penelitian pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 menunjukan penerapan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repitition dengan menggunakan media kartu arisan di KELAS X MIA 1 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar kimia siswa. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas guru pada siklus I sampai siklus III secara berurutan yaitu 23, 27,5 dan 31,5. Aktivitas siswa juga menunjukan peningkatan pada setiap siklus. Skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sampai siklus III secara berurutan yaitu 20, 25 29,5. Hasil belajar juga terdapat peningkatan pada setiap siklus. Hal ini dapat lihat dari nilai rata-rata hasil tes pada masing-masing siklus yaitu pada siklus I sebesar 61,82, pada siklus II sebesar 67,88, pada siklus III sebesar 79,09. Daya serap klasikal pada siklus I, siklus II, siklus III secara berturut-turut adalah 61,82 %, 67,88%, 79,09%, dengan persentase ketuntasan belajar klasikal setiap siklusnya sebesar 42%, 73%, dan 87,8 %. Kata Kunci : Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, dan Repetition (AIR), Kartu Arisan, Aktivitas, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:44
Last Modified: 10 Jul 2023 08:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12641

Actions (login required)

View Item View Item