PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMAN 1 KOTA BENGKULU

Sari, Dita Adinda and Elvia, Rina and Hermansyah, Amir (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMAN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DITA ADINDA SARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019 pada pokok bahasan hukum-hukum dasar kimia melalui penerapan model pembelajaran snowball throwing dengan menggunakan media pembelajaran komik kimia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dengan empat tahapan di setiap siklus nya, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.. Data penelitian ini diperoleh dari hasil lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan nilai posttest yang diolah dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif sederhana yaitu nilai rata�rata, persentase daya serap, ketuntasan belajar, dan rata-rata skor observasi. Penerapan model snowball throwing dengan menggunakan media pembelajaran komik kimia terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia siswa. Hasil analisis lembar observasi menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa di setiap siklusnya, dimana skor rata-rata dari siklus I sampai siklus III secara berturut-turut adalah 20 (kurang), 28,5 (cukup), dan 33 (baik). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dimana nilai rata-rata siswa pada siklus I sampai siklus III secara berturut-turut adalah 64,41 ; 77,06 ; dan 84,18 dengan daya serap klasikal secara berturut-turut adalah 64,41%, 77,06%, dan 84,18%. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I, II, dan III secara berturut-turut adalah 38,23%, 64,70%, dan 88,23%. Ketuntasan belajar telah tercapai pada siklus III dimana lebih dari 85% siswa mendapatkan nilai di atas KKM (≥ 75). Kata Kunci : Penelitian tindakan kelas, snowball throwing, komik kimia, hukum dasar kimia

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:44
Last Modified: 10 Jul 2023 08:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12642

Actions (login required)

View Item View Item