PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA

Napitupuluh, Elfrida and Elvia, Rina and Salastri, Rohiat (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi elfrida.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbedaan minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada materi persamaan reaksi kimia di kelas X MIA SMAN 8 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Analisis data yang digunakan adalah rata-rata (mean), uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa penerapan model Team Assisted Individualization (TAI) mampu memberikan hasil belajar yang lebih tinggi dari model Think Pair Share (TPS), berdasarkan tes yang dilakukan didapatkan perolehan nilai N-Gain Score pada model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) sebesar 0,765 dan model pembelajaran Think Pair Share sebesar 0,707. Sedangkan minat belajar kimia siswa pada kedua kelas memperoleh persentase sebesar 81,272% untuk model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan 76,647% untuk model pembelajaran Think Pair Share (TPS) . Hasil uji t pada aspek kognitif didapatkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,013 dan pada aspek afektif sebesar 0,000. Hal tersebut menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada minat dan hasil belajar kimia yang menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran Think Pair Share Kata Kunci : Minat Belajar, Hasil Belajar, Team Assisted Individualization, Think Pair Share

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:44
Last Modified: 10 Jul 2023 08:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12643

Actions (login required)

View Item View Item