PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MIA MAN 2 KOTA BENGKULU

Sani, ida Nurjelita and Bahar, Amrul and Elvinawati, Elvinawati (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MIA MAN 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI IDA NURJELITA SANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan model pembelajaran problem solving dan problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian posttest only control group desain. Populasi penelitian ini adalah semua kelas XI MIA MAN 2 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Data hasil kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari nilai posttest berupa soal uraian sebanyak enam butir soal dengan indikator berpikir kritis yang berbeda-beda. Data dianalisis menggunakan program Statistical Package For Social Sciene (SPSS) versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pencapaian kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen 1 lebih tinggi dibandingkan siswa kelas eksperimen 2 yaitu 74,09 dan 70,22. Uji hipotesis dengan uji-T pada taraf signifikansi 0,05 mengahasilkan nilai sig. (2-tailed) > level of significant yaitu 0,147 > 0,05 sehingga Ho diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen 1 yang menerapkan model problem solving dan siswa kelas eksperimen 2 yang menerapkan model problem based learning. Kata kunci : Problem Solving, Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:44
Last Modified: 10 Jul 2023 08:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12648

Actions (login required)

View Item View Item