PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MATERI ASAM-BASA KELAS XI IPA DI SMAN 03 BENGKULU UTARA

Aditia, Mia Maysella and Handayani, Dewi and Rina, Elvia (2019) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MATERI ASAM-BASA KELAS XI IPA DI SMAN 03 BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran berbasis lingkungan yang layak untuk materi asam basa dan mengukur pemahaman konsep peserta didik di kelas XI IPA di SMA Negeri 03 Bengkulu Utara T.P 2018/2019 pada tanggal 16 Desember s.d 16 Maret 2019. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Four D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) define atau pendefinisian; (2) design atau perancangan; (3) develop atau pengembangan; dan (4) disseminate atau penyebaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA yang berjumlah 100 peserta didik, sampel yang didapat dari uji normalitas yaitu pada uji coba skala kecil terdiri dari 12 peserta didik di kelas XI IPA 3 dan uji coba skala besar terdiri dari 25 peserta didik dikelas XI IPA 2. Data penelitian ini diperoleh dari hasil angket (kuisioner) berupa skala likert untuk validasi ahli media dan ahli materi, angket kelayakan media video pembelajaran berbasis lingkungan untuk peserta didik serta soal tes untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik. Hasil Penelitian menunjukan bahwa media video pembelajaran berbasis lingkungan untuk materi asam basa sangat layak digunakan sebagai sumber belajar peserta didik dan dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik terhadap media video pembelajaran. Hasil akhir penilaian dari ahli media didapatkan bahwa media video pembelajaran berbasis lingkungan yang dikembangkan memperoleh persentase 93% termasuk dalam kriteria “sangat layak” sedangkan hasil validasi ahli materi diperoleh persentase 79,99% dengan kriteria “layak”. Hasil uji kelayakan terhadap media video pembelajaran yang diperoleh pada uji coba skala kecil yaitu “sangat layak” dengan persentase sebesar 92,13% dan hasil uji coba skala besar diperoleh kriteria kelayakan yaitu “sangat layak” dengan persentase sebesar 92,2%. Pemahaman konsep peserta didik terhadap media video pembelajaran memperoleh persentase nilai rata-rata 88,8% dengan “kriteria baik”. Kata kunci : Video Pembelajaran, Four D, Skala Likert, Asam Basa

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:42
Last Modified: 10 Jul 2023 08:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12653

Actions (login required)

View Item View Item