PERBANDINGAN PENGGUNAAN LABORATORIUM RIIL DAN VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Riskiana, Nova and Rohiat, Salastri and Elvinawati, Elvinawati (2019) PERBANDINGAN PENGGUNAAN LABORATORIUM RIIL DAN VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Nova Riskiana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidak perbedaan hasil belajar dan respon siswa antara lab riil dan lab virtual dengan model discovery learning pada pokok bahasan larutan elektrolit dan non elektrolit di SMAN 8 Kota Bengkulu Tahun ajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan pada bulan Januari-Februari 2019. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen research. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIA dengan jumlah populasi 136 siswa. Pengambilan sampel dilakukan setelah uji homogenitas dan normalitas maka terpilih kelas X MIA2 dan X MIA3 sebagai sampel penelitian dengan teknik random sampling dengan jumlah sampel 68 siswa. Kelas eksperimen I menggunakan lab riil dan kelas eksperimen II mengunakan lab virtual. Data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai pretest, posttest dan angket respon siswa. Kedua perlakuan yang diberikan dapat meningkatkan hasil belajar dengan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen I dan eksperimen II yaitu 54.41 dan 54.71 kemudian nilai rata-rata posttest kelas eksperimen I dan eksperimen II yaitu 85.59 dan 83.82 yang berarti nilai posttest telah mencapai KKM yaitu 75. Data hasil respon siswa kelas eksperimen I diperoleh nilai 85,35% sedangkan kelas eksperimen II diperoleh 81.25% dengan kategori “tertarik” artinya siswa tertarik belajar menggunakan lab riil dan lab virtual. Dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji U dengan taraf signifikan 0,05 maka didapatkan nilai signifikansi >0.05 yaitu 0.315. Hasil ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen I dan eksperimen II pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata Kunci: Hasil Belajar, Respon Siswa, Laboratorium Riil, Laboratorium Virtual, Discovery Learning, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:42
Last Modified: 10 Jul 2023 08:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12656

Actions (login required)

View Item View Item