PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SOMATIK, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA

Rahayu, Oskaria and Bahar, Amrul and Salastri, Rohiat (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SOMATIK, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI OSKARIA RAHAYU (A1F015027).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan dan mendeskripsikan perbandingan model pembelajaran Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) dan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi kimia sistem koloid di kelas XI MIPA SMAN 7 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret – Mei 2019. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian jenis eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 6 kelas dengan total populasi 210 siswa. Sampel diperoleh melalui teknik random sampling dengan uji normalitas dan uji homogenitas, dan terpilih kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen I yang menggunakan model pembelajaran SAVI dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen II yang menggunakan model pembelajaran GI. Analisis data yang digunakan adalah rata-rata (mean), N-Gain Score, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Secara umum kedua model pembelajaran terbukti mampu meningkatkan minat dan hasil belajar kimia siswa, dimana minat belajar siswa diperoleh paling tinggi pada kelas eksperimen I sebesar 81,83% dan pada kelas eksperimen II sebesar 70,07% sedangkan hasil belajar siswa sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu sebesar 80 dan 77,14. Hasil uji t pada aspek afektif didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap minat belajar kimia siswa yang menggunakan model pembelajaran Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan hasil uji t pada aspek kognitif didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,181 yang menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar kimia siswa yang menggunakan model pembelajaran Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) dengan model pembelajaran Group Investigation (GI). Kata Kunci : Minat Belajar, Hasil Belajar, Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI), Group Investigation (GI).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:39
Last Modified: 10 Jul 2023 08:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12657

Actions (login required)

View Item View Item