STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN GUIDED DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA

Kartini, Putri and Bahar, Amrul and Elvinawati, Elvinawati (2019) STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN GUIDED DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skipsi putri kartini (A1F01514).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar kimia siswa yang menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Guided Discovery Learning menggunakan media video pembelajaran pada materi kesetimbangan ion dalam larutan garam di kelas XI MIA SMAN 08 Kota Bengkulu. Penelitian dilakukan pada bulan Februari - April tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen research. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA yang berjumlah 136 siswa. Pengambilan sampel dilakukan setelah uji normalitas dan homogenitas, maka dipilih kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen 2 dengan teknik random sampling. Data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai pre-test dan post-test. Berdasarkan selisih nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen 1 lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen 2. Selisih nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 yaitu 57,06 dan 52,57. Uji hipotesis dilakukan menggunakan aplikasi SPSS 23.0 dengan taraf signifikan 0,05 dan didapatkan nilai signifikansi > 0.05 yaitu 0.214. Hasil uji hipotesis disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen 1 yang menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan kelas yang eksperimen 2 yang menerapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning menggunakan media video pembelajaran Kata Kunci : Learning Cycle 5E, Guided Discovery Learning, Video Pembelajaran, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:38
Last Modified: 10 Jul 2023 08:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12658

Actions (login required)

View Item View Item