KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG PADA LAHAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI DESA BATU LAYANG KECAMATAN ULU PALIK KABUPATEN BENGKULU UTARA PROVINSI BENGKULU

Hardianto, Anton (2017) KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG PADA LAHAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI DESA BATU LAYANG KECAMATAN ULU PALIK KABUPATEN BENGKULU UTARA PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Skripsi)
Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 16 October 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG PADA LAHAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI DESA BATU LAYANG KECAMATAN ULU PALIK KABUPATEN BENGKULU UTARA PROVINSI BENGKULU (Anton Hardianto, di bawah bimbingan Wiryono dan M. Fajrin Hidayat. 2017. 41 Halaman) Secara geografis posisi Indonesia tersebut menguntungkan, sehingga menjadikan Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi di dunia (megabiodiversity country). Salah satu fauna penting yang merupakan bagian ekosistem hutan adalah burung. Burung merupakan mahkluk hidup yang bisa dijadikan indikator yang bagus untuk perubahan ekologi lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keanekaragaman jenis burung dan kepadatan jenis burung pada lahan perkebunan kelapa sawit di Desa Batu Layang, Kecamatan Ulu Palik, Kabupaten Bengkulu Utara. Penelitian ini dilakukan dari bulan April sampai dengan bulan Mei pada lahan perkebunan kelapa sawit di Desa Batu Layang, Kecamatan Ulu Palik, Kabupaten Bengkulu Utara. Data diambil adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dari survey awal, penentuan titik pengamatan, pengumpulan data dan determinasi sedangkan analisis data menggunakan analisis kuantitatif, analisis kualitatif dan kurva penemuan jenis. Diversitas jenis burung pada lahan perkebunan kelapa sawit di Desa Batu Layang, Kecamatan Ulu Palik, Kabupaten Bengkulu Utara terdiri dari 17 jenis yang termasuk ke dalam 13 famili. Indeks keragaman jenisnya tergolong sedang yaitu sebesar 2,33 dan indeks kerataannya 0,82. Sedangkan nilai kepadatan sebesar 3,5 per km 2 . Berdasarkan hasil penelitian, pada lahan perkebunan kelapa sawit di DesaBatuLayang, Kecamatan Ulu Palik, Kabupaten Bengkulu Utara memiliki jenis-jenis burung yang dilindungi berdasarkan PP No. 7 th 1999 yaitu Ictinaetus malayensis (Elang Hitam). Sedangkan berdasarkan CITES tahun 2011 yang termasuk dalam appendix II terdapat 1 jenis yaitu Ictinaetus malayensis (Elang Hitam).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: 022 Isran Elnadi
Date Deposited: 16 Oct 2017 03:26
Last Modified: 16 Oct 2017 03:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12659

Actions (login required)

View Item View Item