PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN 3D PAGE FLIP PROFESSIONAL (Research and Development)

Khumairah, Rantika and Sundaryono, Agus and Dewi, Handayani (2019) PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN 3D PAGE FLIP PROFESSIONAL (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RANTIKA KHUMAIRAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan respon siswa terhadap e-modul kimia berbasis keterampilan berpikir kritis menggunakan 3D Page Flip Professional pada pokok bahasan larutan penyangga di SMAN 5 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) yang menggunakan 9 dari 10 tahapan model pengembangan Borg&Gall diantaranya yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji validasi, revisi produk awal, uji coba lapangan, revisi produk hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan, dan revisi produk akhir. Data penelitian ini diperoleh dari angket validasi ahli materi dan media, tes keterbacaan modul, dan angket respon siswa terhadap e-modul yang dikembangkan.Tingkat kelayakan e-modul berdasarkan validasi ahli materi sebesar 89,68% yang menyatakan bahwa kualitas materi pada e-modul sudah layak dari aspek materi dan berbasis keterampilan berpikir kritis, validasi ahli media sebesar 96,15% yang menyatakan bahwa kualitas tampilan pada e-modul sudah layak dari aspek media, dan skor keterbacaan modul pada uji coba lapangan sebesar 92,47% yang menyatakan bahwa wacana pada e-modul mudah dipahami. Respon siswa terhadap e-modul pada uji pelaksanaan lapangan sebesar 88,3% yang menyatakan bahwa siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap e-modul yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa e�modul kimia berbasis keterampilan berpikir kritis menggunakan 3D Page Flip Professional sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran. Kata kunci : 3D Page Flip Professional, berpikir Kritis, e-Modul, larutan penyangga

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:34
Last Modified: 10 Jul 2023 08:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12659

Actions (login required)

View Item View Item