PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI SMAN 4 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2018/2019

Sihaloho, Samuel and Amir, Hermansyah and Salastri, Rohiat (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI SMAN 4 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SAMUEL.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi Larutan Penyangga di kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan dilakukan pada bulan Januari – Mei 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 4 kelas dengan total populasi 122 orang siswa. Sampel diperoleh melalui metode random sampling dengan melakukan uji normalitas dan uji homogenitas terhadap populasi dan terpilih kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 dengan menerapakan model pembelajaran Discovery Learning dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 2 dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Jenis analisis data yang digunakan adalah rata-rata (mean), uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Berdasarkan hasil penelitian, secara umum kedua model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa di mana hasil belajar siswa sudah melewati Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan nilai hasil belajar yang paling tinggi terdapat pada kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E. Pada Kelas Eksperimen 1 diperoleh rata rata nilai tes akhir yaitu 77,94 dan selisih nilai tes akhir - tes awal yaitu 45,00 sedangkan pada Kelas Eksperimen 2 diperoleh rata – rata nilai tes akhir yaitu 81,33 dan selisih nilai tes akhir – tes awal yaitu 52,33. Berdasarkan hasil uji t didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,027 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kimia siswa pada kelas yang menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dan Learning Cycle 5E Kata Kunci: Hasil Belajar, Discovery Learning, Learning Cycle 5E.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:52
Last Modified: 10 Jul 2023 08:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12661

Actions (login required)

View Item View Item