PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)

Ningsih, Septri Nurjaya and Rohiat, Salastri and Hermansyah, Amir (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SEPTRI NURJAYA NINGSIH A1F015036.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen I dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange dan kelas eksperimen II menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together pada materi tatanama senyawa di kelas X IPA MAN Rejang Lebong tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2019. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas X IPA MAN Rejang Lebong yaitu X IPA 1 sampai X IPA 3 yang berjumlah 96 siswa.Sampel diperoleh dengan cara uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data yang digunakan adalah rata-rata (mean), uji normalitas, uji homogenitas, N-gain score dan uji hipotesis. Hasil uji normalitas dan homogenitas diperoleh 2 kelas, kelas X IPA 1 sebagai eksperimen I berjumlah 32 siswa dan kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen II berjumlah 32 siswa. Secara umum kedua model pembelajaran ini mampu meningkatkan hasil belajar, dimana model pembelajaran Numbered Head Together memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi ditunjukkan oleh hasil N-gain score sebesar 0,75. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig.(2-tailed) yaitu 0,039 < 0,05. Hal ini menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif Rotating Trio Exchange dan model pembelajaran Numbered Head Together. Kata kunci : Rotating Trio Exchange, Numbered Head Together, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:55
Last Modified: 10 Jul 2023 08:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12662

Actions (login required)

View Item View Item