"PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA "

Krisma, Apria Haja and Handayani, Dewi and Nurhamidah, Nurhamidah (2019) "PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA ". Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI APRIA HAJA KRISMA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbedaan hasil belajar antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Two stay two stray dengan kelas yang menerapkan model Group investigation pada materii perkembangan teori atom di kelas X IPA SMA Negeri 9 kota Bengkulu. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan jenis eksperimen semu. Analisis data yang digunakan adalah rata-rata (mean), uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji U). Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas X IPA sebanyak tiga kelas. Sampel pada penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen II. Data hasil belajar kimia siswa diperoleh dari nilai pretes dan postes. Hasil dari nilai rata-rata pretes dan postes sebesar 33,751 dan 74,643 untuk kelas exsperimen I sedangkan pada kelas exsperimen II nilai pretest dan postest sebesar 30,385 dan 72,308 dengan rata-rata nilai selisih untuk kelas two stay two stray dan group investigation adalah sebesar 41,072 dan 41,923. Data tersebut menyimpulkan bahwa kelas eksperimen II lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan pada kelas eksperimen I meskipun nilai rata-rata yang diperoleh dari kedua kelas masih dibawah setandar KKM. Berdasarkan hasil uji Hipotesis (uji U) dengan taraf signifikansi < 0,05 didapatkan nilai signifikansi hitunga sebesar 0,466. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran two stay two stray dengan model pembelajaran group investigation. Kata Kunci: Hasil belajar, two stay two stray, group investigation

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:17
Last Modified: 11 Jul 2023 01:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12667

Actions (login required)

View Item View Item