PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Fadila, Intan and Amir, Hermansyah and Rina, Elvia (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI INTAN FADILA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dan Jigsaw pada pokok bahasan hukum dasar kimia. Jenis penelitian yaitu eksperimental semu dengan populasi penelitian kelas X MIPA yang berjumlah 131 siswa di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian diperoleh dari uji normalitas dan homogenitas yaitu kelas X MIPA C kelas eksperimen I menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dan kelas MIPA B kelas eksperimen II menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Analisa data yang digunakan adalah nilai rata-rata, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS 23.0 dengan taraf signifikan α=0.05. Berdasarkan hasil penelitian kedua model pembelajaran terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Model number head together (NHT) memberikan hasil yang lebih tinggi dibandingkan jigsaw dan hasil pembelajaran kedua model telah mencapai KKM. Hasil belajar siswa pada penelitian ini dilihat selisih nilai rata-rata pret-test dan post-test kelas eksperimen I yaitu 46.87 dan kelas eksperimen yaitu 44.24. Hasil uji hipotesis diperoleh sig < α (0.039< 0.05). Hasil data membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe number head together (NHT) dan jigsaw. Kata Kunci : Number Head Together (NHT), Jigsaw, Hasil Belajar, Hukum Dasar Kimia

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:24
Last Modified: 11 Jul 2023 07:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12669

Actions (login required)

View Item View Item