KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG DI LAHAN KEBUN KARET CAMPURAN DESA TANJUNG MUARA KECAMATAN PINANG RAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA

Ratnasari, Desti (2017) KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG DI LAHAN KEBUN KARET CAMPURAN DESA TANJUNG MUARA KECAMATAN PINANG RAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Skripsi)
SKRIPSI PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 16 October 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG PADA LAHAN KEBUN KARET CAMPURAN DI DESA TANJUNG MUARA KECAMATAN PINANG RAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA (Desti Ratnasari, di bawah bimbingan Dr. Ir . Wiryono, M.Sc dan Saprinurdin, S.Hut., M.For Ecosys Sc. 2017) Burung merupakan satwa liar yang mudah ditemukan hampir pada setiap lingkungan bervegetasi. Habitatnya dapat mencangkup berbagai tipe ekosistem, mulai dari ekosistem alami sampai ekosistem buatan. Penyebaran yang luas tersebut membuat burung sebagai salah satu sumber kekayaan hayati Indonesia yang potensial. Disamping berperan dalam keseimbangan ekosistem burung dapat menjadi indikator perubahan lingkungan. Habitat burung yang terdapat di luar kawasan hutan ditemukan pada daerah semak belukar dan perkebunan. Pembukaan hutan untuk perkebunan khususnya perkebunan karet (Hevea Brasiliensis) akan berdampak terhadap kondisi biota pada suatu ekosistem. Pertumbuhan penduduk mengakibatkan kebutuhan akan lahan pertanian ataupun perkebunan. Penelitian ini dilakukan dari bulan pada bulan Oktober sampai dengan bulan November di lahan kebun karet campuran di Desa Tanjung Muara Kecamatan Pinang Raya Kabupaten Bengkulu Utara. Data diambil adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dari survey awal, penentuan titik pengamatan, pengumpulan data dan determinasi sedangkan analisis data menggunakan analisis kuantitatif, analisis dekskripsi dan kurva penemuan jenis. Keanekaragaman jenis burung di pada lahan kebun karet campuran di Desa Tanjung Muara Kecamatan Pinang Raya Kabupaten Bengkulu Utara ini terdiri dari 18 jenis yang termasuk kedalam 13 famili. Indeks keanekaragaman jenisnya tergolong sedang yaitu sebesar 2,37 dan indeks kerataan 0,82. Sedangkan nilai kepadatan tertinggi yaitu1,85 per Ha oleh jenis (Merbah Belukar) dan terendah yaitu sebesar 0.05 per Ha oleh jenis (Sriguntung Batu), (Burung Madu Pengantin), dan (Sempidan Biru). Berdasarkan hasil penelitian di kebun karet campuran Desa Tanjung Muara Kecamatan Pinang Raya Kabupaten Bengkulu Utara jenis burung yang ditemukan di lokasi penelitian terdapat dua jenis burung yang dilindungi oleh PP No 7 tahun 1999 dan masuk dalam daftar jenis CITES yaitu : Elang Berontok (Spizaetus cirrhatus) dan Elang Hitam (Ictinaetus malaiensis).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: 022 Isran Elnadi
Date Deposited: 16 Oct 2017 03:52
Last Modified: 16 Oct 2017 03:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12670

Actions (login required)

View Item View Item