PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STAD DI SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU

Munanadar, Adis and Hanifah, Hanifah and Syafdi, Maizora (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STAD DI SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C015012_ Adis Munandar_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VIII SMPN 18 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 18 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2018/2019. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen 1 dengan siswa yang berjumlah 26 orang yang mendapat perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen 2 dengan siswa yang berjumlah 31 orang yang mendapat perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes hasil belajar (posttest) berupa soal esai. Instrumen posttest diujicobakan terlebih dahulu dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran dan uji daya pembeda. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai signifikan = 0,016 ≤ taraf signifikan = 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VIII SMPN 18 Kota Bengkulu. Kata kunci : Jigsaw, STAD, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:05
Last Modified: 11 Jul 2023 02:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12677

Actions (login required)

View Item View Item