ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Ramitia, Agate and Maizora, Syafdi and Agus, Susanta (2019) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_A1C015040_AGATE RAMITIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif (Descriptive Research) dengan metode penelitian kombinasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.4 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 orang peserta didik. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan pengujian validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan aritmatika sosial terdiri dari 4 jenis kesalahan, yaitu sebagai berikut :comprehesion errors sebesar 52%, transformation errors sebesar 76%, process skil errors sebesar 56%, dan encoding errors sebesar 88%. Faktor penyebab terjadinya kesalahan adalah: a) siswa tidak teliti dalam membaca soal, b) siswa tidak memahami maksud soal, c) siswa terbiasa menggunakan kata-kata atau kalimat sendiri yang memiliki makna yang berbeda tentang apa yang diketahui dan ditanya pada soal, d) siswa tidak mengerti mengubah soal ke dalam model matematika, e) siswa tidak paham dalam mencari persentase, f) siswa tidak teliti dalam proses perhitungan Kata kunci : Analisis, Kesalahan, Soal Cerita Matematika, Aritmatika Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:16
Last Modified: 11 Jul 2023 02:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12679

Actions (login required)

View Item View Item