PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU

Panduwinata, Berta and Muchlis, Effie Efrida and Syafdi, Maizora (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_A1C015021_BERTA PANDUWINATA.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning dengan pendekatan SAVI terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest�Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.F yang berjumlah 27 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.G berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen. Pelaksanaan penelitian dilakukan 6 kali pertemuan pembelajaran untuk masing-masing kelas sampel. Data hasil penelitian menunjukkan untuk aktivitas, hasil dari lembar observasi pengamatan aktivitas didapatkan skor rata-rata kelas eksperimen yaitu 4,15. Nilai ini lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 3,83. Berdasarkan perhitungan lembar observasi dan pengamatan, peserta didik kelas eksperimen menunjukkan aktivitas yang lebih aktif dibanding peserta didik kelas kontol yang terlihat dari tahap stimulation dan data collection yang memunculkan semua unsur SAVI. Untuk hasil belajar, menggunakan uji-t didapatkan nilai

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:37
Last Modified: 11 Jul 2023 02:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12684

Actions (login required)

View Item View Item