PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS X IPA DI SMA N 1 KOTA BENGKULU

Saputra, Berto Dwi and Yensy, Nurul Astuty and Hanifah, Hanifah (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS X IPA DI SMA N 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X 1 SMA Negeri 1 Kota Bengkulu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari ketuntasan belajar klasikal siklus I dan siklus II secara berturut-turut adalah 33,33%; dan 81,81%. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat di lihat dari nilai hasil observasi aktivitas belajar matematika siswa siklus I dan siklus II secara berturut�turut adalah 18 (cukup aktif) dan 23,13 (aktif). Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Team Assisted Individualization

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:39
Last Modified: 11 Jul 2023 02:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12685

Actions (login required)

View Item View Item