PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 8 KOTA BENGKULU

Delisten, Eci Sanncik and Maizora, Syafdi and Hanifah, Hanifah (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 8 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_ECI_SANNICK_DELISTEN_(A1C015005)-dikonversi-digabungkan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas VII I SMP Negeri 8 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas, latihan setiap pertemuan dan tes hasil belajar peserta didik. Aktivitas belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan cara menyusun LKPD dengan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing, membentuk kelompok yang heterogen, dan menekankan kerjasama peserta didik dalam kelompok. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari rata-rata skor pada lembar observasi aktivitas belajar peserta didik siklus I sampai siklus III secara berturut-turut: 27 (kriteria cukup aktif); 29,12 (kriteria aktif); 32,8 (kriteria aktif). Sedangkan hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan cara menggunakan LKPD dengan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing,memberikan latihan soal dan juga membuat pertanyaan baru, peserta didik bekerjasama untuk memahami materi dan mencari tau kesulitan peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata akhir belajar peserta didik siklus I sampai siklus III yaitu 50,78; 73,92 dan 87,16 Dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III yaitu 28,12%, 65,62% dan 84,37%. Kata kunci: problem posing tipe post solution posing, pendekatan saintifik, aktivitas belajar, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:59
Last Modified: 11 Jul 2023 02:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12689

Actions (login required)

View Item View Item