PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TAI DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Apriyanti, Peni and Maizora, Syafdi and Agus, Susanta (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TAI DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
A1C015001_PENI APRIYANTI_SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) di kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh siswa kelas VIII A sebagai kelas TAI yang berjumlah 24 peserta didik dan kelas VIII B sebagai kelas STAD yang berjumlah 23 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar yang berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu, dengan setengah hasil sig. = 0,0395 < 0,05 dan hasil belajar siswa kelas TAI adalah 52,125 dan hasil belajar siswa kelas STAD adalah 42,304. Kata kunci : teams assisted individualization, student teams achievement division, hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:10
Last Modified: 11 Jul 2023 03:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12693

Actions (login required)

View Item View Item